Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Dasar Bahasa C untuk Kelas X Multimedia SMKN 1 Majalaya

  • Rizki Cahya Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fahmi Candra Permana
  • Feri Hidayatullah Firmansyah
Abstract views: 446 , 660 downloads: 651
Keywords: Aplikasi android, Pemrograman Dasar, Pemrograman Bahasa C, Media Pembelajaran.

Abstract

Penggunaan media sangat dibutuhkan untuk mengatasi media pembelajaran yang terbatas di sekolah, mengatasi kejenuhan dan kebingungan belajar tanpa alat untuk melakukan coding secara langsung. penggunaan media yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat mengurangi sikap pasif peserta didik. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa di kelas X SMKN 1 Majalaya dengan tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan suatu produk media pembelajaran aplikasi Pembelajaran Pemrograman C pada mata pelajarangan Pemrograman Dasar dengan menggunakan dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develoment, Implementation and Evaluation). Hasil dari produk tersebut berupa aplikasi yang dipasang di perangkat android dengan pembuatan aplikasi menggunakan perangkat lunak Construct 2 dan desain dengan Adobe Illustrator dibantu Canva. Hasil dari validasi kelayakan media pembelajaran yaitu validasi materi meperoleh rata-rata 91,75%, dan validasi media memperoleh rata-rata 90,11%, secara keseluruhan hasil validasi berpredikat sangat layak. Untuk uji coba kepada peserta didik memperoleh presentase 91,98% dengan predikat sangat layak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pembelajaran Pemrograman C layak digunakan dalam mata pelajaran Pemrograman dasar pada program multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ramadhani, R. Z., & Rusdianto, H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pusat Informasi Sekolah Dengan Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk Otomotif Al Husna Tangerang. JIKA (Jurnal Informatika), 3(2), 110-116.
[2] Atmawarni, U. M. A. (2012). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Perspektif, 1(1).
[3] Lady, L., Apriyanti, V. C., Anisa, A. P. N., Ardiyano, B., Louis, K., & Seren, S. (2021, September). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Ict Fokus Coding Menggunakan Program ‘Scratch’Tingkat Sd Untuk Sd Kallista Batam. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 3, No. 1, pp. 502-510).
[4] Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.
[5] Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Ikraith-informatika, 4(3), 1-5.
[6] Haris, F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Kesehatan Dengan Android. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi, 1(1), 1-4.
[7] Wibowo, E. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. … -Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan …, 2(1), 75–78.
[8] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[9] Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Published
2022-08-01
How to Cite
Rizki Cahya Iskandar, Fahmi Candra Permana, & Feri Hidayatullah Firmansyah. (2022). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Dasar Bahasa C untuk Kelas X Multimedia SMKN 1 Majalaya. Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 7(2), 103-114. https://doi.org/10.34818/INDOJC.2022.7.2.660
Section
Software Engineering