Implementasi Metode Pathfinding dengan Algoritma A* pada Game Rogue-like menggunakan Unity

  • Elvitro Agung Universitas Diponegoro
Abstract views: 818 , 677 downloads: 549
Keywords: Game, Unity, Algoritma A*, Pathfinding

Abstract

Pada era sekarang, media digital sudah sangat dikenal oleh masyarakat, dunia digital pada masa ini memiliki perkembangan yang cukup pesat, salah satu media digital yang dikenal oleh masyarakat adalah game. Seiring bertambahnya zaman, media game juga mengalami perkembangan, salah satu aplikasi untuk mengembangkan game adalah Unity, program tersebut dapat mengembangkan game dengan dukungan bahasa pemrograman C#, dari game yang pada awalnya sederhana, hingga sekarang kecerdasan buatan juga ikut ambil bagian dalam pembuatan game. Penerapan kecerdasan buatan dalam game diharapkan dapat membuat game menjadi lebih interaktif dan dapat meningkatkan pengalaman bermain bagi pengguna, salah satu metode dalam implementasi kecerdasan buatan dalam game adalah pada sistem pathfinding, sistem ini merupakan pencarian jalur otomatis bagi suatu unit di dalam sebuah game, algoritma A* akan digunakan dalam pencarian jalur tersebut dibutuhkan waktu yang singkat dan dengan jalur terpendek. Algoritma A* ini adalah suatu algoritma yang dapat digunakan untuk mencari jalur terpendek dengan waktu yang paling singkat.  Pathfinding atau perencanaan jalur adalah salah satu masalah dalam pembuatan game komputer, hal tersebut biasanya mencangkup pergerakan dari sistem AI suatu unit di dalam game, algoritma A* merupakan salah satu metode yang dapat mengatasi masalah tersebut, algoritma tersebut merupakan sistem pencarian jalur dari titik awal dan titik akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Nawaf, S. Sinan, dan A. Mustafa, “Pathfinding in Strategy Games and Maze Solving Using A* Search Algorithm”, Baghdad : Journal of Computer and Communications, 2016.
F. Daniel, dan G. Alifio, dll, “A Systematic Literature Review of A* Pathfinding”, Jakarta : Computer Science Department, School of Computer Science, Bina Nusantara University, 2020.
C. Ade, dan A. Mohammad, dkk, ”Application of A-Star Algorithm on Pathfinding Game”, Sumatra Utara : Faculty of Computer Science and Information Technology, Universitas Sumatera Utara, 2020.
D. Silvester, dan B. Ketut, dkk, “Comparative Analysis of Pathfinding Algorithms A *, Dijkstra, and BFS on Maze Runner Game”, Medan : Journal of Physics: Conference Series, 2020.
M. Ghani dan F. Juniardi, dkk, “Implementasi Metode Path Finding dengan Penerapan Algoritma A-Star untuk Mencari Jalur Terpendek pada Game “Jumrah Launch Story””, Walisongo Journal of Information Technology, 2021.
H. Zhonghua, dan S. Pengfei , dkk, “Improved A-Star Algorithm for Long-Distance Off-Road Path Planning Using Terrain Data Map”, ISPRS International Journal of Geo-Information, 2021.
H. Zhibo, dan L. Chenguang , dkk, “Dynamic anti-collision A-star algorithm for multi-ship encounter situations”, Wuhan : Intelligent Transport System Research Center, Wuhan University of Technology, 2021.
D. František, dkk , “Path planning with modified A star algorithm for a mobile robot”, Elsevier Ltd, 2014.
J. K. Haas, “A History of the Unity Game Engine”, Worcester Polytechnic Institute, 2014
R. A. Krisdiawan, “IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN SISTEM GDLS DAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA GAME PUZZLE”, Kuningan : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan, 2018
R. Rido, dan W, Yani. “Game Development Life Cycle Guidelines”, Bandung : School of Electrical Engineering and Informatics, Institut Teknologi Bandung, 2013.
W. Huanwei, dan L. Shangjie, dkk, “The EBS-A* algorithm: An improved A* algorithm for path planning”, Zhengzhou : State Key Laboratory of Mathematical Engineering and Advanced Computing, 2022.
Published
2022-12-31
How to Cite
Agung, E. (2022). Implementasi Metode Pathfinding dengan Algoritma A* pada Game Rogue-like menggunakan Unity. Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 7(3), 81-94. https://doi.org/10.34818/INDOJC.2022.7.3.677
Section
Computer Science