The Quality Analysis of Cashier Information System (Majoo) Using ISO 25010:2011 Method Based on Usability Characteristics

  • Widya Asmara 087781088287
Abstract views: 467 , 668 downloads: 702
Keywords: UMKM, ISO, Usability

Abstract

Perkembangan dunia bisnis terus bergerak pesat seiring dengan munculnya banyak pelaku usaha, khususnya usaha Food&Beverage. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan pada layanan yaitu menu yang dipesan dapat dihidangkan dengan cepat. Pada saat pelanggan melakukan pesanan baru maupun pesanan tambahan, pelanggan ingin disajikan tanpa harus menunggu terlalu lama, sesegera mungkin dan tanpa ada kesalahan, beberapa pemilik usaha masih menggunakan penelitian transaksi dengan cara manual dan tidak efektif. Hal ini membuat karyawan sering mengalami kesalahan dalam menghitung jumlah yang harus dibayar dan banyak waktu yang dibutuhkan untuk penelitian laporan yang tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis kualitas sistem informasi kasir (Majoo) berdasarkan ISO 25010:2010 dengan karakteristik usability. Tahapan penelitian diawali dengan analisis masalah, penentuan metode, penentuan karakteristik dan subkarakteristik, penentuan bobot karakteristik dan subkarakteristik, penilaian pengujian karakteristik usability, perhitungan total penilaian, dan rekomendasi sistem tersebut. Diperoleh nilai yang didapat rata rata yaitu sebesar 80,5% di mana aplikasi dikatakan Baik dari segi fitur dan fungsional, tetapi terdapat penilaian rendah yaitu di dalam subkarateristik Learnability, dengan nilai 82,07%. Total nilai usability adalah 4,995. Secara fungsi dan fitur aplikasi majoo sudah memenuhi kebutuhan aktifitas bisnis di dawet Indonesia namun belum optimal menjalankan fungsi yang tersedia

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Data Industri Research (2022) Tren Data Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman. Available at: https://www.dataindustri.com/produk/data-pertumbuhan-industri-makanan-dan-minuman/ (Accessed: 26 June 2022).
[2] Amin, I. (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di PT Majoo Jakarta. Skripsi. STIE Muhammadiyah Jakarta.
[3] Apepullah (2021) Analisis Kualitas Aplikasi File Dokumen Menggunakan Metode ISO 25010:2011 (Studi Kasus : PT. Averin Informatika Teknologi). Tesis. Universitas Gunadarma.
[4] Yulianty, A. (2021) Analisis Kualitas Website Portal Bios Pada Perusahaan Perbankan Menggunakan Metode ISO/IEC 25010:2011. Tesis. Universitas Gunadarma
[5] Mulyawan, M.D. et al. (2021) ‘Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010: Literature Review’, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), pp. 15–28. doi:10.24843/MITE.2021.v20i01.P02.
[6] Sopian, I. (2018) ‘Implementasi dan Pengujian Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web Menggunakan Standard ISO/IEC 9126 (Studi Kasus: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – UPI)’, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2).
[7] Mulyawan, M.D. et al. (2021) ‘Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010: Literature Review’, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), pp. 15–28. doi:10.24843/MITE.2021.v20i01.P02.
[8] Saaty. and Fatichah, C. (2019) ‘Klasifikasi Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan ISO/IEC 25010 Menggunakan AHP dan Fuzzy Mamdani untuk Situs Web E-Caommerce’, JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 17(1), p. 73. doi:10.12962/j24068535.v17i1.a820.
[9] Lewis, J.R., Utesch, B.S. and Maher, D.E. (2015) ‘Measuring Perceived Usability: The SUS, UMUX-LITE, and AltUsability’, International Journal of Human-Computer Interaction, 31(8), pp. 496–505. doi:10.1080/10447318.2015.1064654.
[10] Dwijayadi, I.N.A.A., Wirawan, I.M.A. and Divayana, D.G.H. (2018) ‘Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel di Kecamatan Buleleng dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Others Refference by Similatiy to Ideal Solution (TOPSIS)’, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(1), p. 10. doi:10.23887/karmapati.v7i1.13590.
[11] Lewis, J.R., Utesch, B.S. and Maher, D.E. (2015) ‘Measuring Perceived Usability: The SUS, UMUX-LITE, and AltUsability’, International Journal of Human-Computer Interaction, 31(8), pp. 496–505. doi:10.1080/10447318.2015.1064654.
Published
2022-12-31
How to Cite
Asmara, W. (2022). The Quality Analysis of Cashier Information System (Majoo) Using ISO 25010:2011 Method Based on Usability Characteristics. Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 7(3), 1-20. https://doi.org/10.34818/INDOJC.2022.7.3.668
Section
Information System