Pembuatan Scout Learning Berbasis Multimedia Berupa Aplikasi Simulasi Penunjang Ekstrakurikuler Kepramukaan Kalangan Sekolah Dasar Di Jawa Barat

Andri Sahata Sitanggang

Abstract


Kepramukaan merupakan salah satu organisasi yang merupakan media untuk membina para siswa dalam memperoleh potensi-potensi secara spritual, intelektual, mentalitas dan fisik agar para siswa memiliki kepribadian dan akhlak mulia, memiliki semangat kebangsaan yang tinggi, menciptakan pola pikir yang berwawasan luas, serta menjadikan siswa memilki peran yang tinggal dalam membantu masyarakat yang berjiwa patriotisme dan menjadi calon pemimpin bangsa dan negara. Adanya inovasi interaktif dengan dukungan teknologi informasi maka kepramukaan dapat ditingkatkan jumlah keterlibatan siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan.
Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dimana rancangan sistem pembuatan scout learning yang diusulkan menggunakan metode pendekatan terstruktur sudah dibuat, maka penelitian ini berlanjut untuk menghasilkan suatu produk scout learning berbasis multimedia. Produk atau sistem yang dihasilkan mampu memberikan pengaruh yang besar bagi anak sekolah dasar dalam minat untuk mengikuti ekstrakuriler kepramukaan.
Produk yang dibuat menggunakan metode pengembangannya prototype dengan pengujian secara alfa dan betha sehingga menjadi sebuah aplikasi menjadi layak pakai sesuai kebutuhan. Pembuatan scout learning ini berorientasi secara visual yang dinamis, penggabungan animasi, video dan suara, gambar yang menarik, yang menyediakan simulasi sandi-sandi, perlengkapan pramuka serta video pengetahuan kepramukaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21108/INDOJC.2017.2.2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Andri Sahata Sitanggang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.