Optimasi Rute Angkutan Kota Secara Simultan Menggunakan Algoritma Exhaustive Search (Studi Kasus Sepuluh Trayek Kota Bandung)

  • M. Hady Setiawan Telkom University
  • Mahmud Imrona Telkom University
  • Danang Triantoro Murdiansyah Telkom University
Abstract views: 1031 , PDF downloads: 828

Abstract

Angkutan kota merupakan salah satu sarana transportasi yang berfungsi untuk mengangkut penumpang dari tempat asal ke tempat tujuan. Saat ini, masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dari pada menggunakan jasa angkutan kota yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya ketersebaran rute trayek angkutan kota. Akibatnya penggunaaan kendaraan pribadi terutama kendaraan bermotor melebihi batas wajar sehingga menyebabkan kemacetan. Oleh karena itu, diperlukan optimasi rute trayek angkutan kota untuk mengatasi masalah tersebut. Ada dua sudut pandang yang diperhatikan dalam penelitian ini, yaitu: pemerintah (menginginkan tingkat ketersebaran rute trayek yang tinggi), dan sopir (menginginkan pendapatan yang tinggi). Pada penelitian ini dilakukan optimasi sepuluh trayek angkutan kota menggunakan algoritma exhaustive search dengan memperhatikan ketersebaran rute. Hasil dari penelitian ini menghasilkan peningkatan pendapatan sopir angkutan kota sebesar 57,25%, dan peningkatan ketersebaran rute sebesar 33,2 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. d. Rozari and Y. H. Wibowo, "FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN," Surabaya.

E. Kurniawan, "Penentuan Rute Angkutan Kota Optimal Menggunakan Analytical Hierarchy Process dan Algoritma Bellman-Ford," Bandung, 2015.

A. A. Putra, Analisis Keseimbangan Jumlah Armada Angkutan Umum, MKTS, 2013.

Direktur Jendral Perhubungan Darat, "PEDOMAN TEKNIS PENYELENGGARAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM DI WILAYAH PERKOTAAN DALAM TRAYEK TETAP DAN TERATUR," JAKARTA, 2002.

infoBDG, "http://www.infobdg.com/," [Online]. Available: http://www.infobdg.com/v2/info-kota/transportasi/trayek-angkot-bandung/. [Accessed 03 November 2016].

R. Munir, "Graf," in Matematika Diskrit Revisi Edisi Kelima, Bandung, Informatika, 2012, pp. 353 - 358, 412.

M. P. Wulandari, H. Lutfi and D. Rahardjo, "Algoritma Exhaustive Search sebagai Pencari Solusi Terbaik," Bandung.

L. Hui and C. Yonghui, "Study of Heuristic Search and Exhaustive Search in Search Algorithms of the Structural Learning," China, 2010.

R. Adipranata, F. Soedjianto and W. Tjondro, "Perbandingan Algoritma Exhaustive, Algoritma Genetika Dan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Hopfield Untuk Pencarian Rute Terpendek," Surabaya.

WaliKota Bandung, "SK Trayek MPU Kota Bandung," 2008.

P. K. Bandung, "Penetapan Tarif Angkutan Penumpang Umum di Kota Bandung," Pemerintah Kota Bandung, Bandung, 2016.

S. Walsen, "Kajian Biaya Operasional Kendaraan Umum Jalur Terminal Mardika - Air Salobar di Kota Ambon," Teknik Sipil, vol. III, pp. 1-14, 2014.

Published
2017-11-20
How to Cite
Setiawan, M. H., Imrona, M., & Murdiansyah, D. T. (2017). Optimasi Rute Angkutan Kota Secara Simultan Menggunakan Algoritma Exhaustive Search (Studi Kasus Sepuluh Trayek Kota Bandung). Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 2(2), 47-54. https://doi.org/10.21108/INDOJC.2017.2.2.178
Section
Computer Science