Pemodelan Produksi Biogas pada Reaktor Tipe Batch Menggunakan Metode Hamming Predictor-Corrector

  • Ali Assegaf Universitas Telkom
  • Rian Febrian Umbara Universitas Telkom
  • Isman Kurniawan Universitas Telkom
Abstract views: 669 , PDF downloads: 699

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat sebuah model prediksi hasil produksi biogas pada reaktor tipe batch. Simulasi pencernaan anaerobik akan glukosa sebagai substrat utama dengan konsentrasi awal 500 mgCOD/l, dan simulasi akan dilakukan selama 120 jam. Dalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui konsentrasi mikroorganisme yang terlibat dalam proses pencernaan anaerobik, serta akan dilakukan beberapa analisis seperti perbandingan metana yang dihasilkan pada simulasi dan eksperimen, pengaruh jumlah iterasi terhadap waktu yang dibutuhkan untuk melakukan running program, perbandingan jumlah glukosa dan mikroorganisme yang digunakan dalam simulasi terhadap jumlah metana yang akan dihasilkan. Untuk memprediksi jumlah produksi biogas, terdapat sebuah model yang umum digunakan yaitu Anaerobic Digestion Model No 1 (ADM1). ADM1 dikembangkan oleh Asosiasi Water International (IWA) pada tahun 2002. Agar mendapatkan model yang memiliki akurasi yang tinggi akan digunakan sebuah metode numerik yaitu Hamming Predictor-Corrector. Setelah simulasi pencernaan anaerobik dilakukan, metana yang dihasilkan sebesar 417,48 MgCOD/l. Lalu mikroorganisme glukosa mengalami pertumbuhan yang maksimum jika dibandingkan dengan mikroorganisme lain yaitu sebesar 77 MgCOD/l. Konsentrasi awal substrat glukosa dan konsentrasi mikroorganisme yang digunakan pada proses simulasi sangat berpengaruh terhadap jumlah metana yang dihasilkan. Namun untuk konsentrasi awal mikroba yang lebih dari 30 MgCOD/l, cenderung menghasilkan metana yang konstan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ziegenhirt, Jorg. et al. 2010. “Optimization of Biogas Production with Computational Intelligenceâ€. 1-2.

Romli, M. 1993. Modelling and verification of a two-stage high-rate anaerobic waste-water treatment system. Tesis pada Universitas Queensland Australia.

Clement, Alex. et al. 2008. “Comparing Numerical Integration Methodâ€. 22-23.

Jeong, Hyeong Seok. et al. 2004. “Analysis and application of ADM1 for anaerobic methane productionâ€. Bioprocess Biosyst Eng. 82.

Graaf, D dan Fendler R. 2010. Biogas production in Germany. Jerman: Federal Environment Agency. 29.

ZupanÄiÄ, Gregor D dan Viktor Grilc. 2012. “Anaerobic Treatment and Biogas Production from Organic Wasteâ€. Journal of enviromental engineering. 5-10.

Batstone, D. J. et al. 2002. Anaerobic Digestion Model No.1. London: IWA publishing.

Published
2019-03-22
How to Cite
Assegaf, A., Umbara, R. F., & Kurniawan, I. (2019). Pemodelan Produksi Biogas pada Reaktor Tipe Batch Menggunakan Metode Hamming Predictor-Corrector. Indonesia Journal on Computing (Indo-JC), 4(1), 1-8. https://doi.org/10.21108/INDOJC.2019.4.1.138
Section
Computational and Simulation