SOC Press, Indonesia Symposium on Computing (IndoSC) 2016

Font Size: 
Ontological Search Engine on Twitter to Collect Data for Bandung Happiness Index Measurement
Muhammad Arifino Setyawan


Full Text: PDF

Abstract


Happiness index merupakan suatu nilai yang dapat menunjukkan tingkat kebahagiaan seseorang disuatu daerah. Namun, pengumpulan data menggunakan metode konvensional membutuhkan banyak waktu dan biaya, dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, khususnya pengguna Twitter, kondisi ini membuat peluang untuk menggunakan data Twitter untuk mengukur happiness index. Penggunaan Twitter API merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan data dari Twitter, namun banyaknya aspek serta ketidakakuratan dari pencarian yang berhubungan ke domain happiness index, menimbulkan satu masalah. Makalah ini mengusulkan implementasi algoritma berbasis ontologi untuk membuat pengumpulan data untuk pengukuran happiness index menjadi lebih efisien, yang bernama komputasi relevansi menggunakan metode Ehrig serta preprocessing (URL, symbol and number, synonymy and word generalization and phrases). Berdasarkan pengujian
yang dilakukan, dicapai nilai F1 sebesar 86.95%, nilai ini menunjukkan bahwa penambahan yang
diusulkan kepada Twitter Search API dapat membuat pengumpulan data lebih efisien.

Reference


[1] Kemp, S. (2015). Digital, Social & Mobile in APAC in 2015. We Are Social, 10.

[2] Semiocast, “Semiocast — Geolocation of Twitter users (July 2012),” Semiocast. [Online]. Available: http://semiocast.com/en/publications/2012_07_30_Twitter_reaches_half_a_billion_accounts_140m_in_the_US. [Accessed: 29-Jun- 2016].

[3] E. Sutriyanto, “Inovasi Happiness Guna Meningkatkan Nilai Kota Bandung,” Tribunnews.com, 10-Oct-2014. [Online]. Available: http://www.tribunnews.com/beritabca/2014/10/10/inovasi-happiness-guna-meningkatkan-nilai-kota-bandung. [Accessed: 30-May- 2016].

[4] C. D. Manning, P. Raghavan, and H. Schütze, Introduction to Information Retrieval. New York, NY, USA: Cambridge University Press, 2008.

[5] Badan Pusat Statistik, “Indeks Kebahagiaan Indonesia Tahun 2014,” Badan Pusat Statistik, 2014.

[6] O'Brien, K. (2009). Slow Life: Sustainable, Local, Organic, Wholesome, Learning, Inspiring, Fun, Experiences. Editions Didier Millet.

[7] Noy, N. F., & McGuinness, D. L. (2001). Ontology development 101: A guide to creating your first ontology.

[8] Ehrig, M., & Maedche, A. (2003, March). Ontology-focused crawling of Web documents. In Proceedings of the 2003 ACM symposium on Applied computing (pp. 1174-1178). ACM.

Last modified: 2016-11-02