SOC Press, Indonesia Symposium on Computing (IndoSC) 2016

Font Size: 
Audit Infrastruktur Teknologi Informasi dengan Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V.3 Domain Service Strategy dan Service Design (Studi Kasus : I-gracias)
Rachmadini P Utami, Eko Darwiyanto, ibnu asror


Full Text: PDF

Abstract


Untuk mendukung tujuan Tel-U menjadi universitas berstandar internasional, I-gracias sabagai salah
satu sarana pelaynanan civitas akademika harus memiliki tingkat kematangan yang tinggi. Salah
satu cara untuk mengukur kematangan tersebut adalah dengan melakukan proses audit. Standar yang
banyak digunakan oleh organisasi bertaraf internasional sebagai framework proses audit adalah
Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V.3. Penelitian ini, melakukan audit
sistem informasi I-gracias, dari sisi Infrastruktur dengan domain service strategy dan service design.
Proses penilaiannya, dilakukan dengan menggunakan service maturity framework.

Reference


[1] Direktorat Sistem Informasi, 2011, Rencana Strategis Sistem Informasi, Bandung, IT Telkom : Tidak Diterbitkan

[2] Van Bon, J., De Jong, A., Kolthof, A., Pieper, M., Tjassing, R., van der Veen, A., & Verheijen, T. (2008). Foundations of IT Service Management Based on ITILĀ® (Vol. 3). Van Haren.

[3] Retrieved 5 November 2013 from http://en.wikipedia.org/wiki/Information_Technology_Infrastructure_Library.

[4] OGC, - , ITIL Version 3 Service Strategy, TSO, London

[5] Retrieved 5 November 2013 from http://itilconsultant.blogspot.com/2012/01/why-and-what-is-racimodel.html

[6] Cartlidge, A., Hanna, A., Rudd, C., Macfarlane, I., Windebank, J., & Rance, S. (2007). An Introductory Overview of ITIL V3, The UK Chapter of the itSM.

[7] Kastawan, Putu Wirya. Retrieved 5 November 2013 from http://www.slideshare.net/wikacyber/itilmaturity-level#

Last modified: 2016-11-02